15.42

Makanan Sehat Menjadi tidak Sehat

Beberapa jenis makanan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Namun jika kita tidak dapat mengolah makanan dengan baik, maka makanan sehat pun dapat menjadi makanan yang tidak sehat bagi tubuh.

Makanan yang sehat tidak hanya dilihat dari penampilannya saja tetapi juga dilihat dari kandungan nutrisi didalamnya. Berikut ini contoh makanan sehat yang perlu anda perhatikan saat mengkonsumsinya:


1. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Sekitar 50% kandungan dalam kacang adalah lemak nabati. Walaupun lemak yang terkandung dalam kacang tergolong lemak baik dan berguna sebagi antioksidan. Tetapi sebaiknya tidak mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang banyak karena dapat menyebabkan jerawat, asam urat.





2. Buah-buahan
Sebaiknya mengkonsumsi buah yang masih utuh, daripada buah yang sudah mengalami proses pengolahan. Contohnya jus buah yang memiliki kandungan kalori lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang masih utuh. Hal ini dikarenakan didalam jus buah terkandung bahan tambahan lain, seperti penambah rasa buah, pewarna, dll. Selain itu kandungan serat dalam buah yang masih utuh lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang sudah mengalami proses pengolahan.





3. Minyak Olive
Minyak Olive adalah minyak yang memiliki jenis lemak yang jauh lebih baik. Walapun minyak olive lebih sehat, tetapi tetap ada aturan pengkonsumsiannya. Satu sendok teh minyak olive mengandung 173kJ lemak. Supaya mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya setengah sendok teh minyak olive dicampur dengan setengah sendok teh balsamic untuk dijadikan saus salad.









4. Ikan Kaleng
Ikan segar jauh lebih baik dikonsumsi disbanding dengan ikan olahan, seperti ikan kalengan. Karena, saat proses pengalengan, kadang lemak pada ikan ikut terbuang sehingga kandungan omega 3-nya banyak yang hilang. Tetapi, kandungan gizi ikan kalengan masih tergolong baik.
Contohnya, salmon kalengan Cocok dijadikan campuran salad segar dengan tambahan sedikit air Jeruk lemon.





5. Keripik
Keripik kentang atau jenis keripik lainnya yang dijual dalam bentuk kemasan. Camilan jenis ini masih mengandung lemak sekitar 50 gram dalam kemasan kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan ini, dan gantikan dengan biskuit sayuran atau buah.

0 komentar:

Posting Komentar