17.44

Analisis Iklan Layanan Masyarakat


Latar belakang

Mencuci tangan adalah hal yang sering kali dipandang sepele dan dilupakan oleh masyarakat kita, padahal mencuci tangan memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan. Kepedulian masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan oleh Departemen Kesehatan yang memperkirakan hanya 23 persen rumah tangga yang memiliki kebiasaan cuci tangan dengan sabun. Dampak dari rendahnya kebiasaan masyarakat ini, membuat tingkat kematian terutama bayi dan balita tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, diare menjadi penyebab kematian 31,4 persen bayi berusia 29 hari sampai 11 bulan. Sekitar 162 ribu balita meninggal akibat diare setiap tahun atau sekitar 460 balita per hari.

Ada beberapa fakta penting tentang mencuci tangan menggunakan sabun, yaitu:
  1. Tangan adalah salah satu penghantar utama masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia. Cuci tangan dengan sabun dapat menghambat masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia melalui perantaraan tangan
  2. Tangan manusia yang kotor karena menyentuh feses mengandung kurang lebih 10 juta virus dan 1 juta bakteri
  3. Kuman penyakit seperti virus dan bakteri tidak dapat terlihat secara kasat mata sehingga sering diabaikan dan mudah masuk ke tubuh manusia
  4. Hampir semua orang mengerti pentingnya cuci tangan pakai sabun namun tidak membiasakan diri untuk melakukannya dengan benar pada saat yang penting.

Pada saat ini, tingkat kematian dan kesakitan masih tinggi akibat penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti rendahnya kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun pada saat yang penting. Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti diare, ISPA, dan flu burung, bahkan sekarang mencuci tangan dengan sabun sangat disarankan untuk mencegah penularan virus H1N1. Oleh karena begitu banyak dampak negative saat melewatkan mencuci tangan dengan sabun, oleh sebab itu kami ingin menanamkan pentingnya mencuci tangan dengan sabun kepada masyakat luas, dengan menggunakan media audiovisual. Video ini dapat memberikan gambaran mencuci tangan yang baik dan benar dan mudah serta sederhana untuk diikuti oleh masyarakat baik anak,remaja, dewasa dan orangtua.

Tujuan
Kami mencoba melakukan analisis terhadap iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh UNICEF mengenai perilaku mencuci tangan. Analisis yang kami lakukan mencakup siapa target audiens yang tepat sesuai dengan isinya, serta menganalisis rencana penanyangan yang sesuai dengan target audiens. Kami tampilkan iklannya dibawah ini:



Pembahasan
Pemeran
Iklan ini diperankan oleh seorang pria muda serta dua orang anak perempuan

Setting lokasi
Lokasi yang digunakan adalah ruangan kosong dengan background putih bersih yang hanya terdapat baskom cuci tangan serta sabun.

Gaya penyampaian pesan
Pesan disampaikan dengan sederhana dan dengan gaya kekanak-kanakan. Bukan dengan kata-kata tetapi dengan nyanyian sehingga lebih mudah untuk di ingat dan lebih menarik serta menampilkan teknik bagaimana mencuci tangan yang benar. Pesan disampaikan dengan keceriaan, baik oleh pria muda serta oleh kedua anak perempuan, hal ini bertujuan untuk menggambarkan bahwa mencuci tangan tidak susah dan menyenangkan.

Analisa
Target audiens
Iklan ini lebih ditujukan kepada anak-anak, dengan gaya penyampaian yang unik dan lucu serta sederhana dengan menggunakan nyanyian, yang memberikan kesan menyenangkan. Para pemeran baik pria muda serta kedua anak perempuan pun menggunakan kostum yang unik seperti tokoh-tokoh kartun, dengan dominasi warna biru serta putih, hal ini dilakukan supaya anak tertarik untuk mencuci tangan dengan sabun.

Target program televisi
Dilihat dari isi iklan serta sasaran audiens, maka program tivi yang akan menampilkan iklan ini harus disukai oleh anak-anak. Salah satu contohnya, iklan ini bisa ditampilkan di stasiun tivi khusus kartun, bisa juga di semua stasiun tivi yang memiliki acara film kartun.

Rancangan program dan biaya penayangan
http://www.mediafire.com/?1zjhmnm31xz

0 komentar:

Posting Komentar